Abstrak
Hidup sehat merupakan tujuan setiap orang. Menjaga tubuh agar tetap fit
dan terhindar dari penyakit, tentu harus didukung dengan lingkungan yang terjaga
dan pola konsumsi yang baik. Ada banyak produsen yang menghadirkan berbagai
macam produk untuk menunjang hidup agar lebih sehat dan baik. Salah satunya
produk penyaring air Pureit dari Unilever yang menyuguhkan air layak konsumsi
tanpa dimasak.
Penelitian ini berfokus pada bagaimana persepsi khalayak terhadap iklan
Pureit Unilever di televisi dan bagaimana pesan pada iklan tersebut
mempengaruhi masyarakat.
Penelitian ini menggunakan teori Kognitif dan teori pendukung Category
Social serta teori periklanan A-T-R (Awaranes, Trial, Reinforcement) untuk
melihat bagaimana iklan dapat mempengaruhi kognitif kahalayak. Pendekatan
yang digunakan adalah kuantitatif serta pengumpulan data yang dilakukan dengan
menyebarkan angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi khalayak terhadap iklan
Pureit Unilever di televisi berada pada kategori Tinggi. Ini ditunjukan dari total
hasil Variabel X yaitu, 14.808.
Hasil data kategorisasi item jawaban pun menunjukan data dominan
positif, yaitu berjumlah 153. Hasil tersebut menjelaskan jika persepsi Ibu-Ibu RW
010 Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara positif terhadap iklan Pureit Unilever.