Abstrak
Yuniar Ali. Pengaruh Slralegi pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa
terhadap Hasil Belajar Matematika. Sualu Penelilian Eksperimen di SekolahDasar Negeri 12 Kecamalan Tangerang, Kola Tangerang. Program PascasarjanaMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2012.
Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh
Strategi Pembelajaran (Xl) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) terhadap Hasil
Belajar Matematika (Y).
Hipotesis yang diuji adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi
dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori, (2)
Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar matematika, (3) Pada siswa yang mempunyai motivasi
belajar tinggi. hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan
strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada
siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (4) Pada siswa yang
mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi ekspositori lebih tinggi dari pada siswa yang diajar
dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning
(CTL).
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan
sarnpel menggunakan Clusler random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52
siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan
rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitasi
instrument hasil belajar matematika mempunyai Alpha Cronbach rjj = 0.906, dan
motivasi belajar siswa mempunyai Alpha Cronbach rjj = 0.932. Analisis data yang
digunakan adalah ANA V A dua jalur.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi
Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori. Dari
hasil penelitian dengan menggunakan ANA V A dua jalur diperoleh harga
Fhi,ung lebih dari harga F'abel yaitu 7.223 > 4,04 dengan menggunakan Ct = 0,05.
2. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhi,ung lebih dari
F'abcl yaitu 38.212 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05.
3. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, basil belajar matematika
siswa diajar dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning
(CTL) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar
dengan strategi ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uj i
lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thi,ung lebih besar dari
pada t,abcl yaitu 6.272 > 2.682 dengan demikian Ho di tolak.
4. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori lebih tinggi dari
pada hasil belajar matematika siswa diajar dengan menggunakan strategi
Contextual Teaching Learning (CTL). lni dapat dilihat dari hasil perhitungan
uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thi,ung lebih kecil
dari pada harga t'abcl yaitu 12.4711 < 0.013 dengan demikian Ho di terima ..
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan
atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitaspembelajaran matematika.