Abstrak
ABSTRAK
Een Endayani. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS.
Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pondok Cabe Ilir IV Pamulang Tangerang Selatan Banten. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2010.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode SAS. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 SD Negeri Pondok Cabe Ilir IV pamulang Kabupaten Tangerang Selatan Banten tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian ini diambil dari kelas 1 SD pada
semester genap untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pengajaran aspek menulis permulaan. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa.
Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrument yang berbentuk tes isian. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode SAS. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis permulaan secara benar dan rapi, baik dari segi proses maupun
prestasi yang dicapai siswa bertambah baik.
Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa melalui metode SAS telah terdapat peningkatan hasil yang lebih baik. Dari analisis statistik
hasil tes isian menunjukkan juga bahwa kemampuan siswa telah meningkat secara signifikan dari hasil pretes (sebelum tindakan) dan postes (sesudah tindakan).
Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Proses peningkatan ini ditandai dengan perbandingan nilai rata ? rata nilai pretes 56,2432 dan
rata ? rata nilai postes 65,1326.
Peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Dapat meningkat dan prestasi yang lebih baik melalui metode SAS.