OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00053
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui SAS Pada Siswa Kelas I SDN Pondok Cabe Ilir IV Tangerang Selatan Banten
Pengarang : Een Endayani
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE SAS
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00053 T093-00053 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 57639
 Abstrak
ABSTRAK Een Endayani. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS. Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pondok Cabe Ilir IV Pamulang Tangerang Selatan Banten. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode SAS. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 SD Negeri Pondok Cabe Ilir IV pamulang Kabupaten Tangerang Selatan Banten tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian ini diambil dari kelas 1 SD pada semester genap untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pengajaran aspek menulis permulaan. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan instrument yang berbentuk tes isian. Tes ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode SAS. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis permulaan secara benar dan rapi, baik dari segi proses maupun prestasi yang dicapai siswa bertambah baik. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa melalui metode SAS telah terdapat peningkatan hasil yang lebih baik. Dari analisis statistik hasil tes isian menunjukkan juga bahwa kemampuan siswa telah meningkat secara signifikan dari hasil pretes (sebelum tindakan) dan postes (sesudah tindakan). Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Proses peningkatan ini ditandai dengan perbandingan nilai rata ? rata nilai pretes 56,2432 dan rata ? rata nilai postes 65,1326. Peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis permulaan. Dapat meningkat dan prestasi yang lebih baik melalui metode SAS.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox