Abstrak
Rini Muryati Winarsih, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan
Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa. Tesis.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Prof. Dr. Hamka, 2010.
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kritis siswa.
Penelitian Eksperimen ini dilakukan dengan rancangan factorial 2 X 2.
Jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dilakukan dengan teknik
multistage random sampling. Masing ? Masing sampel terpilih 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Dari 22 siswa yang memiliki kemampuan motivasi belajar tinggi 11 siswa menempati kelompok strategi pembelajaran PQ4R dan 11 siswa menempati kelompok strategi SQ3R. Hal ini juga berlaku untuk 22 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, 11 siswa menempati kelompok strategi PQ4R dan 11 siswa yang menempati kelompok SQ3R. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes membaca kritis. Untuk menganalisis data
dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis varians dua jalur (Anova).
Apabila di dalam analisis ditemukan adanya interaksi, maka dilanjurkan dengan uji tuckey.
Penelitian ini menghasilkan 4 temuan yaitu: (1) kemampuan membaca
kritis siswa dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik. (2) kemampuan membaca kritis siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (3) terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara strategi pembelajaran PQ4R dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kritis siswa. (4) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca kritis siswa.
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa Program Studi Bisnis dan Manajemen Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 3 Jakarta Utara.