OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-00495
Judul : Kualitas Media Luar Ruang dalam Mensosialisasikan Penerapan Program E-Ticketing Menggunakan Kartu COMMET pada Penumpang di stasiun Jakarta Kota.
Pengarang : Rasya Priha Dita
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-00495 S06-00495 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 56926
 Abstrak
Sosialisasi merupakan salah satu kegiatan humas yang dilaksanakan untuk berkomunikasi dengan publik eksternal dan internal. Salah satu media periklanan yang digunakan humas PT KAI Commuter Jabodetabek dalam mensosialisasikan penerapan program E-Ticketing yakni menggunakan media luar ruang, seperti poster, banner, dan spanduk. Humas eksternal PT KAI Commuter Jabodetabek yang melakukan kegiatan periklanan melalui media luar ruang selalu dilakukan di luar ruang sehingga memiliki potensi untuk menarik perhatian konsumen pada saat mereka berada di luar rumah dan ketika berpergian. Berdasarkan gambaran di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah Kualitas Media Luar Ruang dalam Mensosialisasikan Penerapan Program E-Ticketing Menggunakan Kartu COMMET pada Penumpang di stasiun Jakarta Kota?. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Informasi menurut Shannon dan Weaver, karena teori ini membahas tentang menitikberatkan titik perhatiannya pada sejumlah sinyal yang lewat melalui saluran atau media dalam proses komunikasi. Kaitannya dengan penelitian ini adalah penumpang KRL di stasiun Jakarta Kota memperhatikan saluran berupa media luar ruang (poster, banner, dan spanduk) yang berada di dalam stasiun Jakarta Kota yang isi media luar ruang tersebut adalah tentang sosialisasi penerapan program E-Ticketing menggunakan kartu COMMET. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan metode penelitian survei. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel kebetulan (Accidental sampling). Teknik ini digunakan untuk memilih siapa saja yang kebetulan dijumpai untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan Uji Beda Friedman menunjukkan bahwa kualitas ketiga media luar ruang (spanduk, banner, poster) signifikan 0,05 berbeda. Spanduk (53,13) lebih berkualitas dalam mensosialisasikan penerapan program E-Ticketing menggunakan kartu COMMET dari pada banner (52,87) dan poster (52,65), dan penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas media luar ruang yang lebih berkualitas dalam mensosialisasikan penerapan program E-Ticketing menggunakan kartu COMMET adalah spanduk. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan perkembangan yang signifikan. Agar lebih banyak lagi penelitian mengenai teori informasi yang menitikberatkan titik perhatiannya pada sejumlah sinyal yang lewat melalui saluran atau media dalam proses komunikasi. Sehingga nantinya dapat memberikan kemajuan bagi teoriteori komunikasi. Khususnya terkait dengan informasi yang lewat melalui saluran atau media.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox