Abstrak
ABSTRAK
JUHRI, Korelasi Minat Membaca dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Argumentasi, Penelitian Survei di SMP Islam Al Hikmah Jakarta,Tesis, Jakarta:
Program studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan keterampilan menulis argumentasi.
Populasi dalam penelitian ini, siswa SMP Islam Al Hikmah Jakarta. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa diambil secara acak pada kelas VIII dari tujuh rombongan belajar yang ada.
Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen yang berbentuk tes dan angket. Tes digunakan untuk variabel keterampilan menulis argumentasi, sedangkan angket digunakan untuk variabel minat membaca, serta kemampuan berpikir kritis.
Uji coba instrumen menghasilkan koefisien reliabelitas minat membaca sebesar 0,744:
kemampuan berpikir kritis sebesar 0,620; dan keterampilan menulis argumentasi sebesar 0,799.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan teknik korelasi. Teknik pengambilan sampel melalui simple random sampling. Sampel diambil sebanyak 30 siswa secara acak dari tiap kelas VIII.
Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dan korelasi parsial.
Adapun hasil analisis menunjukkan, bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai thitung variabel Minat Membaca (X1) lebih besar dari ttabel, sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan, bahwa minat membaca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis argumentasi pada Sekolah Menengah Pertama Islam Al Hikmah Jakarta; (2) Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai thitung variabel Kemampuan Berpikir Kritis (X2) lebih besar dari ttabel, sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan, bahwa Kemampuan Berpikir Kritis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis argumentasi pada Sekolah Menengah Pertama Islam Al Hikmah Jakarta; (3) Dengan bantuan pengolahan komputer berdasarkan perhitungan SPSS 16.0 diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel, sehingga jelas Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama minat membaca dan kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada Sekolah Menengah Pertama
Islam Al Hikmah Jakarta.
Berdasarkan hasil pengujian signifikansi dan linierlitas dapat disimpulkan, (1) bahwa persamaan regresi Ŷ= 21,902 + 0,651X1. Hal itu menunjukkan 30,67% varian yang terjadi pada keterampilan menulis argumentasi dapat dijelaskan oleh minat membaca.
(2) menunjukkan 38,50% varian yang terjadi pada keterampilan menulis argumentasi dapat dijelaskan oleh kemampuan berpikir kritis melalui persamaan regresi Ŷ= 35,370 + 0,561X2. (3) menunjukkan, bahwa 60,7% varian yang terjadi pada keterampilan menulis argumentasi dapat dijelaskan oleh minat membaca dan kemampuan berpikir kritis melalui persamaan regresi Ŷ= 14,376 + 0,506X1 + 0,256X2.