Abstrak
ABSTRAK
Yus Soelistyarsih. Kemampuan Apresiasi Cerita Anak. Studi Korelasi Minat Baca dan
Penguasaan Kosa Kata dengan Kemampuan Apresiasi Cerita Anak. Tesis. Program
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) terdapat tidaknya hubungan minat
baca dan kemampuan apresiasi cerita anak , (2) terdapat tidaknya hubungan penguasaan
kosakata dan kemampuan apresiasi cerita anak ,dan (3) terdapat hubungan antara minat baca
dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan kemampauan apresiasi cerita anak.
Penelitian ini dilakukan di SMP N 94 Jakrta pada tahun ajaran 2008 / 2009. Metoda
yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Sempel penelitian
40 siswa melelui teknik sampel acak sederhana. Ketiga data variabel penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes dan kuesioner. Analisa data
menggunakan Statistik Korelasi dan Regresi.
Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama, terdapat hubungan positif
minat baca dengan kemampuan apresiasikan crerita anak. Kedua, terdapat hubungan positif
pemahaman kosakata dengan kemampuan apresiasikan cerita anak. Ketiga, terdapat
hubungan positif antara minat baca dan pemahaman kosakata secara bersama-sama dengan
kemampuan apresiasi cerita anak.
Korelasi partial menyimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif minat membaca
cerita dan kemampuan apresiasikan cerita anak dalam kondisi pemahaman kosakata
dikontrol, (2) terdapat hubungan positif pemahaman kosakata dan kemampuan apresiasikan
cerita anak dalam kondisi minat membaca dikontrol.