OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S02-00496
Judul : Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajemen, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Pengarang : Soeli Astuti
Penerbit dan Distribusi :
Subjek : Struktur Kepemilikan Manajemen
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S02-00496 S02-00496 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 49858
 Abstrak
ABSTRAK SOELI ASTUTI : Pengaruh Struktur Kepemilikan Manajemen, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Food And Beverages Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Program Starta Satu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2010. Jurusan Akuntasi, Fakultas Ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh struktur kepemilikan manajemen, leverage dan profitabilitas terhadap corporate social responsibility pada Perusahaan Food And Beverages di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang diteliti adalah ?struktur kepemilikan manajemen, leverage dan profitabilitas? sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel terikatnya (dependen = respon) adalah ?corporate social responsibility? di 8 (delapan). Perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam 5 (lima) tahun terakhir yaitu 2005 sampai dengan 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dari Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) di Bursa Efek Indonesia dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Hasil pengolahan data memberikan persamaan regresi sebagai berikut: Ý = 0,336 ? 0,017X1 + 0,004 X2 + 0,149 X3, konstanta sebesar 0,336, artinya struktur kepemilikan manajemen (X1), leverage (X2) dan profitabilitas (X3) nilainya adalah nol, maka corporate social resposibility (Y) nilainya sebesar 0,336 dan koefisien regresi struktur kepemilikan manajemen (X1) sebesar ? 0,017, artinya jika variabel independen lainnya tetap dan struktur kepemilikan manajemen (X1) mengalami kenaikan 1%, maka corporate social responsibility (Y) akan mengalami penurunan sebesar 0,017. Koefisien bernilai negatif artinya terjadi hubungan negatif antara struktur kepemilikan manajemen dengan corporate social responsibility, semakin naik nilai struktur kepemilikan manajemen maka semakin turun nilai corporate social responsibility. Berdasarkan hasil uji t variabel x1 terlihat bahwa signifikansi 0,626 > 0,05, hal ini menunjukkan struktur kepemilikan manajemen (x1) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap corporate social responsibility (y). Hasil uji t variable x2 terlihat bahwa signifikansi 0,930 > 0,05, hal ini menunjukkan leverage (x2) secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap corporate social responsibility (y). Hasil uji t variable x2 terlihat bahwa signifikansi 0,007 < 0,05, hal ini menunjukkan profitabilitas (x3) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap corporate social responsibility (y). Berdasarkan hasil pengujian Anova, struktur kepemilikan manajemen, leverage dan profitabilitas bersama-sama mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap corporate social responsibility ini dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan angka 2,866 dengan tingkat signifikansi (sig) sebesar 0,05 = 0,05. Berdasarkan uji determinasi R Square sebesar 0,193 atau (19,3%). Hal ini menunjukkan bahwa presentase variabel independen (struktur kepemilikan manajemen, leverage dan profitabilitas) berpengaruh terhadap variabel dependen (corporate social responsibility) sebesar 19,3%. Sedangkan sisanya sebesar 80,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu disarankan pada peneliti selanjutnya, item-item pengungkapan Corporate Social Responsibility hendaknya dapat diperbaharui sesuai dengan kondisi masyarakat serta peraturan yang berlaku, hal ini mungkin dapat dilakukan dengan melibatkan para aktivis sosial serta pihak yang berwenang terkait dengan masalah sosial dan diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang mungkin mempengaruhi Corporate Social Responsibility.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox