Abstrak
Skripsi ini membahas tentang peran guru agama islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada peserta didik. Dalam penelitian memiliki pandangan atau asumsi bahwa, peserta didik kurang dapat memahami dan mengimplementasikan, serta mempraktekan akhlakul karimah di dalam kehidupan sehari-harinya. akhlakul karimah adalah sifat-sifat yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW agar menjadi manusia yang memiliki sifat-sifat karakter terpuji. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana peran guru dalam menanamkan dan membentuk nilai-nilai akhlakul karimah kepada peserta didiknya, Permasalahan tersebut dibahas dengan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas 8 MTsN1 Jakarta Selatan, informan dalam penelitian ini adalah guru agama dan guru bimbingan konseling. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Juli-Oktober 2019. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi yaitu teknik untuk melakukan validasi data dari berbagai cara pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi). Dengan trianggulasi semua data bisa di kroscek, dibandingkan dan diperkuat satu sama lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada peserta didik maka akan dapat mengikuti ajaran yang Rasulullah SAW terapkan. Oleh karena itu guru dapat menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah yang di ajarkan Rasulullah SAW kepada peserta didik.