Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi mengajar guru dan kecerdasan visual spasial siswa dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cibitung tahun akademik 2011-2012 dengan sample sebanyak 86 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar geometri dan tes kecerdasan visual spasial dan analisis datanya menggunakan two way analysis of varians. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Secara keseluruhan, hasil belajar geometri siswa yang diajar menggunakan strategi peta konsep lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan strategi ekspositori. (2) Ada pengaruh interaksi antara strategi mengajar guru dan kecerdasan visual spasial siswa terhadap hasil belajar geometri. (3) Hasil belajar geometri siswa yang diajar dengan menggunakan strategi peta konsep lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori pada siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial tinggi. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar geometri siswa yang diajar dengan menggunakan strategi peta konsep dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori pada siswa yang memiliki kecerdasan visual spasial rendah