Abstrak
Media massa adalah media komunikasi yang mampu menjangkau khalayak yang jumlahnya relatif banyak, heterogen (berbeda beda suku, agama, tingkat ekonomi dan sebagainya), anonim (komunikator tidk mengenal komunikannya). Jenis media massa terdiri dari 2 (dua) macam yaitu media elektronik dan media cetak. Media cetak adalah media yang menggunakan alat teknik untuk memproduksi teks yang sama atau hampir sama dan kemudian disalin dalam jumlah yang besar. Surat kabar, majalah, tabloid, televisi, radio adalah jenis-jenis media massa. Setiap media massa khuusnya media cetak juga memiliki segmen-segmen tersendiri, ada majalah khusus wanita, majalah khusus tabloid olahraga, dan lain sebagainya. Pada penelitian ini, penulis mengangkat tema penelitian dengan judul ?Kepuasan Pelanggan Surat Kabar TopSkor di Agen Puri Kartika Ciledug Tangerang-Banten terhadap isi berita olahraga sepakbola?. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kepuasan yang diinginkan/GS berkorelasi negatif dengan penggunaan media, dan penggunaan media tidak berkorelasi dengan GO. Yang artinya,GS>GO, responden tidak puas terhadap isi berita olahraga sepakbola di TopSkor. Secara statistik nilai yang diperoleh GS 16.746 >GO 16.510, artinya pelanggan tidak puas karena harapan tidak terpenuhi. Kepuasan yang diinginkan/Motif/GS yang ditemukan adalah bahwa pelanggan menggunakan TopSkor hanya ingin berharap memperoleh suasana santai dengan membaca Kick n Rush di surat kabar TopSkor, sedangkan GO/ Kepuasan yang diperoleh adalah mayoritas pelanggan di agen Puri Kartika ?menemukan bahan percakapan dengan orang lain mengenai hasil pertandingan liga Spanyol setelah membaca surat kabar TopSkor? dan ?mendapat tambahan pengetahuan tentang sepakbola setelah membaca surat kabar TopSkor mengenai hasil pertandingan liga Spanyol? Penelitian ini memperkuat keberlakuan tentang teori Uses and Gratifications khususnya dalam mengkaji kepuasan pelanggan terhadap isi berita di surat kabar.