Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-mail sebagai media komunikasi ASEAN Business Advisory Council dalam mensosialisasikan ASEAN Business and Investment Summit yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 November 2011 di Bali, Indonesia. Isi e-mail meliputi topik pembicaraan yang dibahas dalam ASEAN-BIS 2011, tujuan penyelenggaraan, dan para pembicara. Penelitian ini juga melihat reaksi para penerima e-mail. Reaksi tersebut berupa perhatian dan pemahaman terhadap informasi yang disampaikan melalui e-mail. Peneliti menggunakan teori kognitif karena tingkat pemahaman termasuk ke dalam unsur kognisi yang menekankan pada cara khalayak berpikir dan memahami isu atau informasi. Efek kognitif adalah proses pembentukan mental yang terjadi setelah ada input (stimulus) dan output (respon) yang di peroleh dari lingkungan. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dengan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan tujuan untuk menguji hubungan antara dua variabel yang dihipotesis. Populasi penelitian adalah delegasi atau mitra kerja ASEAN-BAC yang berasal dari Indonesia yang menerima e-mail berjumlah 115 orang, sampel yang digunakan adalah sampling purposif, pengambilan jumlah sampel menggunakan rumus taro yamane dengan presisi 0,05% berjumlah 89 orang. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui terdapat hubungan positif antara perhatian dengan pemahaman pada (subjek penelitian) Hal ini ditunjukkan oleh besarnya koefisien (R) : 0.739. Analisis data menunjukkan adanya korelasi antara perhatian terhadap e-mail mengenai sosialisasi ASEAN Business and Investment Summit dengan tingkat pemahaman terhadap isi e-mail. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman mengenai teori kognisi dalam kaitannya dengan perhatian dan pemahaman terhadap isi pesan melalui email, dan untuk mengetahui besarnya hubungan antara perhatian terhadap email dengan tingkat pemahaman penerima terhadap informasi di dalamnya melalui pendekatan kuantitatif, serta memberikan kontribusi bagi ASEAN-BAC untuk mengetahui efektivitas e-mail sebagai media komunikasi dalam mensosialisasikan ASEAN-BIS.