Abstrak
ABSTRAK Muhammad Yamin 0302015068: ANALISIS HUBUNGAN PENGEMBANGAN PRODUK SIMPATI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PT. TELKOMSEL Pada GERAI SIMPATI Cabang ROXY MAS JAKARTA BARAT, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar Hubungan Pengembangan Produk Simpati terhadap Minat Beli Konsumen PT. TELKOMSEL Pada Gerai Simpati Cabang Roxy Mas Jakarta Barat. Variabel yang diteliti adalah ?Pengembangan Produk sebagai variabel bebas (Predictor) dan variabel terikatnya (Dependent) adalah Minat Beli Konsumen? PT. TELKOMSEL pada gerai Simpati Cabang Roxy Mas Jakarta Barat dalam jangka waktu tertentu, data primer diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner kepada para pelanggan PT. TELKOMSEL Pada Gerai Simpati Cabang Roxy Mas Jakarta Barat, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan literatur lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan alat hitung Statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana, serta dengan menggunakan pengolahan data SPSS Versi 13 Tahun 2006, maka ada hubungan korelasi positif antara pengembangan produk Simpati dengan Minat Beli Konsumen pada perusahaan PT. TELKOMSEL Pada Gerai Simpati Cabang Roxy Mas Jakarta Barat. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil perhitungan angka R sebesar 0,814 yang menunjukkan bahwa hubungan atau korelasi antara Minat Beli Konsumen (Y) dengan Pengembangan Produk Simpati (X) adalah cukup kuat karena diatas nilai 0,05.Sedangkan R square atau Koefisien Determinasi adalah 0,662 artinya 66,2% pengembangan produk simpati memiliki kontribusi terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya (100% - 66,2% = 33,8%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar pengembangan produk simpati seperti tingkat harga, kemudahan penggunaan atau pengoperasian kartu simpati. Sehingga apabila persentase tingkat pelaksanaan atau kinerja dari perusahaan tersebut terdapat variabel X ( pengembangan produk simpati ) berubah naik atau turun, maka persentase tingkat harapan atau kepentingan konsumen dari variabel Y ( minat beli konsumen) juga akan naik atau turun. Oleh karena itu disarankan agar pelaksanaan pengembangan produk simpati pada perusahaan PT. TELKOMSEL pada gerai Simpati Cabang Roxy Mas Jakarta Barat agar selalu melakukan peninjauan kembali ( Follow Up ) serta pengamatan lebih intensif terhadap karyawan dan dapat memanfaatkan sumberdaya tersebut dengan secara tepat dan efisien dalam meningkatkan Pengembangan produk simpati selama ini dengan mengevaluasi peran variabel lainnya seperti memberikan perhatian secara individu kepada setiap pelanggan. Dengan cara demikian maka perusahaan diperkirakan akan tetap berkembang serta bertahan.