Abstrak
ABSTRAK Muhammad Burhanuddin 0502015036: PENGARUH MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR YAMAHA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Merek terhadap Loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha. Variabel yang diteliti adalah ?Merek? sebagai variabel bebas (predictor) dan ?Loyalitas? sebagai variabel terikatnya (dependent=respons). Data primer diperoleh dengan cara wawancara melalui kuesioner yang dibagikan kepada para konsumen sepeda motor Yamaha yang berada di kampus Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di kampus Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan perhitungan Regresi linear dengan bantuan program SPSS, ternyata terdapat hubungan yang positif antara Merek dengan Loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha di kampus Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Berdasarkan analisis Regresi diperoleh persamaan garis Regresi Y = 6,531 + 0,910 X. Hal ini berarti bahwa setiap penambahan satu satuan uji hipotesis (uji,t) diperoleh nilai signifikan 0,000 untuk variabel Merek atau dibawah 0,05. Hal ini berarti bahwa variabel Merek mempengaruhi Loyalitas konsumen sepeda motor Yamaha di kampus Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Dengan demikian, pengujian hipotesis menolak Ho dan menerima Hi yang menyatakan koefisien Regresi signifikan. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan memiliki sebuah Merek yang lebih inovatif dan berkualitas dibandingkan dengan pesaing sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan yang terjadi di pasar. Dengan mengusai persaingan yang ada maka perusahaan akan memperoleh keuntungan yang memuaskan. Untuk itulah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk mempertahankan keunggulan di pasar dengan langkah yang lebih kreatif.