Abstrak
ABSTRAK SITI MASFUFAH. 0302015044 Analisis Segmentasi Pasar Produk Pond?s Di Kelurahan Kuningan Timur. Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2007. Perusahaan yang memproduksi barang dan jasa pada saat ini harus siap menghadapi para pesaing dalam memperoleh pangsa pasar. Begitu banyak atribut-atribut produk yang ditampilkan kepada masyarakat dalam setiap kategori, sedangkan para konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang beraneka ragam. Oleh karena itu perusahaan Pond?s harus mengetahui jenis kebutuhan dan keinginan konsumen dalam memilih produk dengan cara mensegmentasi pasar produk Pond?s. Segmentasi pasar dapat diidentifikasi dengan memeriksa perbedaanperbedaan demografi, psikografis, dan perilaku dari kalangan pembeli, agar perusahaan dapat memahami kebutuhan, keinginan serta permintaan pasar, khususnya di kelurahan Kuningan Timur. Dengan demikian perusahaan dapat mencari terobosan baru untuk mengidentifikasi pasar yang akan dilayani serta produk yang akan dihasilkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui segmentasi pasar produk Pond?s di daerah Kuningan Timur dan untuk mengetahui pertimbangan konsumen dalam membeli produk Pond?s. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode survai dengan tingkat eksplanasinya Deskriptif. Populasinya adalah para pemakai produk Pond?s di kelurahan Kuningan Timur yang berjumlah 110 pemakai, sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan menggunakkan metode simple random sampling (metode acak) dengan jumlah 86 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara) dengan pihak perusahaan, kepustakaan dan pembuatan kuesioner. Kuesioner yang dihasilkan dengan jumlah 22 pertanyaan yang sudah valid. Selanjutnya dilakukan pengolahan data dengan mengolah data kuantitatif dari data mentah kuesioner lalu diberikan pengkodean (coding) terlebih dahulu yang nantinya dilanjutkan dengan tabulasi data, kemudian dilakukan analisis pembahasan dengan menggunakkan tabel frekuensi dari segmen produk Pond?s yang menggunakkan SPSS. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa responden yang memakai produk Pond?s di kelurahan Kuningan Timur berdasarkan segmentasi demografi adalah sebagian besar wanita yaitu berjumlah 63 orang, berusia antara 15-24 tahun yang berjumlah 42 orang, berstatus belum menikah dengan jumlah 60 orang, jumlah keluarga yang memakai produk Pond?s antara 3-4 orang dengan jumlah 40 orang, posisi dalam keluaga yang memakai Pond?s adalah berposisi sebagai kakak dengan jumlah 34 orang, tingkat pendidikan sebagian besar berpendidikan SMA yang berjumlah 41 orang, jenis pekerjaan sebagian responden bekerja sebagai karyawan/i yang berjumlah 29 orang. Sedangkan produk yang banyak digunakan adalah produk Pond?s perfect care anti bacterial facial scrub atau produk pembersih muka yang berjumlah 29 orang, penghasilan yang diperoleh responden perbulan sebesar antara Rp.500.000-1.000.000 dengan jumlah responden 46 orang, pengeluaran yang dikeluarkan perbulan sebesar antara Rp.100.000-Rp.200.000 dengan jumlah responden 24 orang. Jika dilihat dari responden yang memakai produk Pond?s di kelurahan Kuningan Timur berdasarkan segmentasi psikografi adalah sebagian besar berada pada kelas sosial menengah dengan jumlah 67 orang, gaya hidup yang diterapkan kebanyakan responden bergaya hidup sederhana dengan jumlah 63 orang, dan berkepribadian yang dimilki responden sebagian besar berkepribadian suka bergaul dengan jumlah 79 orang, Sedangkan responden yang di kelompokkan berdasarkan segmentasi perilaku adalah sebagian besar responden dalam pemakaian Pond?s sehari-hari kebanyakan sering memakai produk pond?s dengan jumlah 33 orang, status pemakai banyak responden berstatus pemakai berpengalaman dengan jumlah 48 orang, menurut tingkat loyalitas responden sangat loyal terhadap produk Pond?s dengan jumlah 73 orang, kesiapan dalam membeli responden merasa tertarik untuk membelinya dengan jumlah 45 orang, manfaat Pond?s yang diperoleh responden banyak yang memilih agar wajah tetap bersih dengan jumlah 30 orang, pengaruh pembelian responden sebagian besar terpengaruh oleh diri sendiri untuk membeli produk Pond?s dengan jumlah 47 orang, tempat yang banyak dipilih responden dalam membeli produk Pond?s adalah di supermarket dengan jumlah 53 orang, menurut alasan memilih produk Pond?s responden banyak memilih karena kualitas yang baik dengan jumlah 77 orang, sedangkan kepuasan produk yang diperoleh responden berpendapat puas terhadap produk Pond?s dengan jumlah 36 orang. Sesuai dengan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu mengingat pemakai Pond?s digunakan oleh kalangan pria dan wanita, hendaknya perusahaan membuat terobosan baru untuk membuat produk Pond?s pembersih muka untuk kalangan pria, perusahaan harus tetap mempromosikan produknya baik melalui iklan, radio, dan media cetak lainnya agar konsumen selalu ingat akan produk Pond?s yang ditawarkan, selain itu perusahaan juga harus memperhatikan aspirasi konsumen dengan mengadakan penelitian pasar, sehingga dapat mengetahui produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen.