Abstrak
ABSTRAK Ery Hermawan: 020201017 PERANAN KOMPENSASI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PT. PLN AREA JARINGAN KRAMAT JATI BIDANG PENYAMBUNGAN PELANGGAN. Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2009. Dalam menentukan pengambilan judul dalam skripsi ini penulis mempunyai pemikiran, yaitu untuk mengetahui tingkat produktivitas karyawan dalam hal kompensasi dan juga mengetahui seberapa besar peranan kompensasi terhadap produktivitas kerja sehingga kompensasi yang diberikan perusahaan berjalan dengan adil dan layak. Penelitian berawal dari pemikiran dimana setiap karyawan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan produktivitas dalam setiap perusahaan. Kompensasi yang layak dan adil dapat memberikan kenyamanan terhadap karyawan sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan perusahaan tempat karyawan bekerja. Metode penelitian yang digunakan adalah riset kepustakaan library research yaitu dengan membaca buku yang berkaitan dengan PLN dengan mengadakan penelitian langsung di PT. PLN Area Jaringan Kramat Jati divisi Penyambungan Pelanggan dengan cara mengadakan observasi, wawancara dan penyebaran koesioner. Penelitian ini menggunakan koesioner yang berjumlah 20 pertanyaan dan berjumlah 31 karyawan tetap yang ada dalam divisi penyambungan dan pemutusan pelanggan, yang beralamat Jalan Raya Bogor Km 20, Kramat Jati, Jakarta Timur 13510. Dalam penelitian ini penulis mengunakan teknik analisa kolerasi dan regresi dengan jumlah pengkuadratan (0,500 X 0,500) melalui perhitungan SPSS 16 sebesar 25 % Produktivitas kerja karyawan bisa dijelaskan oleh variabel kompensasi, sedangkan sisanya (100% - 25 % = 75%) di jelaskan diluar variabel kompensasi. Hubungan antara kedua variablel Kompensasi (X) dan Produktivitas Kerja (Y) mempunyai hubungan yang sedang dan kurang signifikan. Berdasarkan uraian sebelumnya penulis melakukan dilapangan maka penulis dapat memberikan uraian seperti pelaksanaan pemberian kompensasi penyambungan pelanggan PT PLN Area Jaringan Kramat Jati adapun pemberian kompensasi gaji dasar, uang lembur, tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan hari raya, dan ada pembayaran kompensasi yang dibayarkan oleh perusahan walaupun karyawan tersebut tidak masuk seperti cuti tahunan dan cuti hamil. Pada bidang penyambungan pelanggan PT. PLN Area Jaringan Kramat Jati dilakukan pembayaran kompensasi yang harus disesuaikan dengan pekerjaan dan kehadiran karyawannya. Maka apabila bidang pemyambungan pelangan PT. PLN Area Jaringan Kramat Jati memberikan kompensasi yang adil dan yang layak terhadap karyawannya. Maka akan meningkatkan kinerja sehingga mendorong produktivitas kerja karyawan dalam memajukan perusahaan.