Abstrak
ABSTRAK Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan IM3 pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen UHAMKA bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya antara variable Kualitas pelayanan (X) dengan Loyalitas Pelanggan (Y). Adapun latar belakang dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah menuntut adanya suatu pemikiran dibidang ekonomi, terutama dalam usaha perusahaan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pengaruh perkembangan terhadap selera masyarakat memerlukan perhatian secara mendalam dari perusahaan tentang produk yang dihasilkan dan bagaimana memperkenalkanya kepada masyarakat. Untuk itu perusahaan selalu membutuhkan pemikiran-pemikiran inovatif dalam mengendalikan persaingan yang semakin ketat. Dalam usaha memperoleh konsumen baru masih lebih sulit dibandingkan dengan mempertahankan konsumen yang sudah ada. PT. INDOSAT terutama produk IM3 harus mempunyai kelebihan khusus dibandingkan dengan produk INDOSAT lainya. Dalam menghadapi permasalah tersebut PT. INDOSAT saat ini mengeluarkan tarif baru yaitu 0,0000000001/detik setelah 90 detik, tidak hanya itu IM3 paket sms yang sangat murah yaitu Rp. 100/sms apabila pelanggan dalam satu hari mengirim 10 kali sms maka secara langsung pelanggan akan mendapatkan bonus sms sebanyak 10 sms ke semua operator secara gratis. Dalam bab Metodologi Penelitian peneliti telah menetapkan populasi dan sample yang akan digunakan unluk membuat kuesioner lalu kemudian disebarkan kepada responder yang telah ditetapkan oleh peneliti. Adaun populasi yang telah ditetapkan oleh peneliti adalah sebagai sebanyak 170 populasi dan sempel 114 dari tingkat kesalahan 5 % Dari hasil SPSS 13 didapat nilai R, R2 Adjus R2 dan Std. Error. Dimana nilai Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,648. Ini merupakan indeks determinasi yakni persentase yang menyumbangkan pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y. R2 menunjukkan pengertian bahwa sebesar 64.8 % sumbangan pengaruh Variabel X terhadap variable Y. Sedangkan sisanya sebesar 35,2 % dipengaruhi oleh faktor lain.