Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program perencanaan dan
pelaksanaan dari Ujian Nasional Computer Based Test di SMK Nasional Depok.
Model Evaluasi CIPP (Contexs, Input, Process, Produk) Kualitatif
deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi.
Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang
Kurikulum, guru bidang studi Teknik Komputer jaringan dan alumni yang
menjadi peserta dalam Ujian nasional computer based test di SMK Nasional
Depok. Informan tersebut memberikan informasi tentang perencanaan dan
pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test yang ada di SMK Nasional
Depok.
Dimensi Perencanaan dan Pelaksanaan program Ujian Nasional Computer
Based Test (CBT) di evaluasi dari aspek Contexs, Input, Process, Produk (CIPP)
yang terdiri dari: Contexs : kebijakan pemerintah, landasan hukum dan tujuan
program UN – CBT. Input terdiri dari: siswa (peserta UN – CBT), Proktor
(Pengawas), Teknisi UN – CBT dan Sarana dan Prasarana. Proses terdiri dari:
Perencanaan dan Pelaksanaan UN – CBT. Produk terdiri dari: Hasil dan Dampak
UN – CBT
|