Penelitian ini difokuskan pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan peningkatan pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik cerpen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan peningkatan pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik cerpen
dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif.
Penelitian dilaksnakan di SMP Negeri 6 Kota Tangerang sejak bulan Maret hingga Mei 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010 berjumlah 40 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 22 perempuan . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diyakini sesuai dengan karakteistik pemasalahan penelitian. Teknik
analisis data secara kualitatif menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu diawali dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk analisis data kuantitatif menggunakan uji perbedaan (uji-t) antara
kemampuan awal dengan siklus kedua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan siswa pasif,
cenderung hanya sebagai pendengar dan pelaksana perintah guru. Pemahaman siswa
terhadap unsur intrinsik tergolong rendah yakni nilai tes pratindakan 55,1 dan yang
mencapai nilai KKM hanya 7 siswa. Setelah diadakan tindakan pada siklus 1, keaktifan
siswa dalam proses pembelajaran meningkat. Siswa melakukan sendiri mulai dari
pembentukan kelompok,, memahami konsep, dan mengimplementasikan dalam materi
pelajaran.
|