Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika bagi siswa yang mengikuti Program Remedial dengan menggunakan metode Tutor Sebaya dan metode Pemberian Tugas pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independen atau yang memiliki gaya kognitif field dependen, serta pengaruh interaksi antara Program Remedial dan Gaya Kognitif siswa terhadap hasil belajar Matematika. Hipotesis penelitian adalah: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada metode pemberian tugas. (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independen akan lebih tinggi daripada siswa yang memilikigayakognitif field dependent. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara program remedial dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent, yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih rendah daripada yang diberi metode pemberian tugas. (5) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya lebih tinggi daripada yang diberi metode pemberian tugas. (6) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode tutor sebaya pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih rendah daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependen. (7) Hasil belajar matematika siswa yang diberi program remedial melalui metode pemberian tugas pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebihtinggi daripada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependen.