Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran membaca dan meningkatkan pemahaman membaca siswa terhadap teks bacaan yang berdasarkan kepada kebutuhan situasi dan minat siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN Cahaya Madani Banten Boarding school (CMBBS) pada kelas 12. Data dikumulkan melalui wawancara, pengamatan dan angket. Data tersebut dianalisa dari keaktifan siswa dalam pembelajaran membaca dan dari pemahaman membaca sisaberdasarkan teks bacaan berdasarkan kepada kebutuhan situasi dan minat siswa. Dari kedua jenis teks bacaan tersebut, peneliti mengamati keaktifan siswa di setiap g rup dan dintara grup - grup dalam pembelajaran membaca dan dalam pemahaman membaca siswa terhadap teks bacaan yang berdasarkan kepada kebutuhan situasi dan minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran membaca menggunakan teks bacaan berdasar kebutuhan situasi siswa meningkat dengan baik dan pemahaman membaca siswa dalam pembelajaran membaca menggunakan teks bacaan berdasar kebutuhan situasi siswa juga meningkat dengan baik.