Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan menilai
tentang: (1) tingkat kebutuhan dan masalah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Depok, Jawa Barat terhadap implementasi sekolah efektif yang meliputi; visi yang jelas dan terbagi, lingkungan pembelajaran, hak dan tanggungjawab siswa, kemitraan sekolah-rumah (2) peran kepemimpinan professional kepala sekolah, sekolah sebagai organisasi pembelajar, sistem dan kebijakan seleksi penerimaan siswa baru, masalah pembiayaan pendidikan, pemberdayaan positif termasuk di dalamnya pembinaan ekstra kurikuler dan program unggulan sekolah, dan konsentrasi terhadap pembelajaran, (3) proses pembelajaran yang bertujuan dan bermakna, monitoring prestasi siswa, dan ekspektasi terhadap prestasi siswa; (4) hasil capaian program; (1) output yang
terdiri dari prestasi hasil ujian nasional dan prestasi non akademik yang
diperoleh siswa; (2) outcome yaitu keterserapan tamatan di perguruan tinggi negeri dan swasta. Penelitian evaluasi mengaplikasikan hasil reviu mengenai penelititan sekolah efektif dalam tradisi penelitian sekolah efektif di Negara Maju oleh Pam Sammons, Josh Hillman, Peter Mortimer, 1995, Key Characteristic of Effective School: A review of school effectiveness research, a report by the Institute of Education for the Office for Standards in Education, International School Effectiveness & Improvement Centre University of London 20 Bedford Way.
|