Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara (1) bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa, (2) iklim sekolah dengan motivasi belajar siswa, dan (3) bimbingan orang tua dan iklim sekolah dengan motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara bimbingan orang tua dengan motivasi belajar, (2) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan motivasi belajar, (3) terdapat hubungan positif antara bimbingan orang tua dan iklim sekolah dengan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah12 Pamulang Tangerang Selatan Banten yang berjumlah 419 siswa. Sampel berjumlah 165 orang siswa dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel bimbingan orang tua, iklim sekolah, dan motivasi belajar dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbachs. Hasil uji coba untuk variabel bimbingan orang tua adalah sebesar r11 = 0,868; hasil uji coba untuk variabel iklim sekolah adalah sebesar r11 = 0,898; dan hasil uji coba untuk variabel motivasi belajar adalah sebesar r11 = 0,876. Data dianalisis dengan statistik deskripitif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda.