Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jakarta ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jakarta pada tahun pelajaran 2012 – 2013. Metode yang dipergunakan adalah metode eksperimen dengan desain factorial dua arah 2 x 2 . Pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik multi stage random sample dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai tingkat kognitif tinggi dan rendah. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Hasil belajar praktik kewirausahaan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa mempunyai tingkat kognitif tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional, (3) Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (4) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat kognitif siswa terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan .