Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya pengaruh Metode Pembelajaran dan Kreatifitas siswa kelas XI terhadap hasil belajar bahasa inggris. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 11 Jakarta pada kelas XI, semester1 tahun pelajaran 2009 – 2010. Hipotesis yang diuji adalah (1) Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diberi diskusi dengan siswa yang diberi ceramah, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreatifitas terhadap hasil belajar bahasa Inggris, (3) Untuk kelompok kreatifitas tinggi, hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diberi diskusi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diberi ceramah, (4) Untuk kelompok kreatifitas rendah, hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diberi diskusi lebih rendah dari pada hasil belajar bahasa Inggris yang diberi ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling Tehnique. Sampel berjumlah 40 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai kreatifitas tinggi dan rendah. Analisis yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Uji signifikan data menggunakan analisis varians dua jalur dan uji-t ANAVA untuk menguji perbedaan nilai rerata absolute antar dua kelompok yang dipasangkan dengan taraf signifikansi α = 0.05