Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran (X1) dan Minat Belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar Matematika (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai percaya diri tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar matematika sebesar 0,901, dan Minat Belajar sebesar 0,950. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur.
Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 2D. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan anava dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih dari harga Ftabel. (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh harga Fhitung lebih dari Ftabel. (3) Pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran 3D lebih tinggi dari yang diajar dengan media pembelajaran 2D. Dari hasil perhitungan diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel. Kemudian hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari t tabel (4) Pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media 2D lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan media 3D. Dari hasil perhitungan diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel. Kemudian hasil uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari pada harga t tabel.
|