Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) Pengaruh implementasi
Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru. 2) Pengaruh Iklim
Organisasi Sekolah terhadap Kepuasan kerja Guru. 3) Pengaruh Implementasi
Manajemen Berbasis Sekolah terhadap iklim organisasi sekolah. Adapun hipotesis
penelitiannya adalah a) Terdapat pengaruh langsung positif implementasi Manajemen
Berbasis Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru. b) Terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kepuasan kerja Guru. c) Terdapat pengaruh
langsung positif Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap iklim organisasi
sekolah.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Disain
korelasional digunakan untuk mengetahui pengaruh dan menguji hipotesis hubungan
tiga variable. Populasi penelitian ini yaitu guru-guru yang mengajar di Sekolah Dasar
Negeri Wilayah Keacamatan Johar Baru Jakarta Pusat yang berjumlah 252 orang,
sedangkan sampel penelitian ditetapkan sebanyak 155 orang dan sampel uji coba
sebanyak 30 orang yang diambil secara acak dan proporsional sesuai jumlah guru yang ada pada masing-masing Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Johar Baru
Jakarta Pusat.
Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk kuesioner yang masing-masing
butir pernyataan terdiri dari lima pilihan jawaban yang diukur menggunakan skala
model Likert sehingga untuk pernyataan positif diberi skor dari 5 sampai 1, sedangkan untuk pernyataan negatif diberi skor 1 sampai 5, di mana untuk 5 jawaban. Tahapan analisis data dalam penelitian ini meliputi deskripsi data, pengujian persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif antara implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini berarti semakin baik implementasi manajemen berbasis sekolah maka semakin meningkat pula kepuasan kerja guru yang dihasilkan. Dengan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,1367, koefisien determinasi (r2 13) sebesar 0,0187,persamaan regresi 3 Xˆ = 34,24 + 0,60X1, dan nilai koefisien jalur (p31) sebesar 0,212. 2) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru. Hal ini memberikan pengertian bahwa semakin baik iklim organisasi sekolah, akan diiringi dengan meningkatnya kepuasan kerja guru. Dengan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,448, koefisien determinasi (r2 23) sebesar 0,2007, persamaan regresi 3 Xˆ =
79,47 + 0,29X2. 3) Terdapat pengaruh langsung positif antara implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap iklim organisasi sekolah. Hal ini memberikan pengertian bahwa semakin baik implementasi manajemen berbasis sekolah maka semakin meningkat iklim organisasi sekolah di sekolah tersebut. Dengan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,437, koefisien determinasi (r2 12) sebesar 0,1910, persamaan regresi 2 Xˆ = - 14,12 + 1,11X1, dan nilai koefisien jalur (p21) sebesar 0,437.
|