Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru, (2) kreativitas kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru dan (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kreativitas kepala sekolah Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru, (2) terdapat pengaruh langsung kreativitas kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru, (3) terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kreativitas kepala sekolah Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah di bawah Yayasan Kartini Nusantara Jakarta Pusat berjumlah 82 orang guru. Sampel berjumlah 45 orang guru dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data veriabel kompetensi mengajar guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kreativitas kepala sekolah dengan angket model skala Likert. Uji Validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kompetensi mengajar guru sebesar r11 = 0,929; hasil uji coba untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah sebasar r11 = 0,980; dan hasil uji coba untuk variabel kreativitas kepala sekolah sebesar r11 = 0,966. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, dan analisis jalur Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru, dengan persamaan regresi = 53,62 + 0,39X1, koefesien korelasi sebesar r13 = 0,767; dan koefesien jalur p31 sebesar 0,500 Kedua, terdapat pengaruh langsung kreativitas kepala sekolah terhadap kompetensi mengajar guru, dengan persamaan regresi = 17,81 + 0,56X2, koefesien korelasi sebesar r23 = 0,737; dan koefesien jalur p32 sebesar 0,320 Ketiga, terdapat pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kreativitas kepala sekolah, dengan persamaan regresi = 87,13 + 0,56X1 koefesien korelasi sebesar r12 = 0,833; dan koefesien jalur p21 sebesar 0,833 Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan kualitas kompetensi mengajar guru dengan cara memperbaiki gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kreativitas kepala sekolah (X2) 3 ˆ