Peningkatan disiplin kerja guru dapat dilakukan melalui peningkatan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap disiplin kerja guru. Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, pengaruh komunikasi interpersonal terhadap disiplin kerja guru, dan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan ; (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, (2) komunikasi interpersonal terhadap disiplin kerja
guru, (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan deskriptif analitik. Sampel diambil secara
random sampling sebanyak 119 orang dari populasi sebanyak 170 orang guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Rayon II Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data melalui angket skala lima kategori Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, dan regresi sederhana dan analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian diperoleh
yaitu: (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru berada pada kecenderungan umum pada kategori sangat kuat (0,825), (2) terdapat pengaruh langsung positif komunikasi interpersonal
terhadap disiplin kerja dosen berada pada kecenderungan umum dengan kategori kuat (0,788),dan (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal berada pada kecenderungan umum dengan kategori sangat kuat (0,898). Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukan pengaruh yang signifikan; (1).kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap
disiplin kerja guru dengan koefisien determinasi sebesar = 68,06%, (2) komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap disiplin kerja guru dengan koefisien determinasi sebesar = 62,88% dan.(3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh
terhadap komunikasi interpersonal dengan koefisien determinasi sebesar 80,64%.
|