Abstrak  Kembali
Abdul Kholid. Pengaruh Metode Mengajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar ilmu Pengetahuan Alam Siswa SMP Negeri 57 Jakarta Selatan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru metode mengajar (X1) dan konsep diri (X2) terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuian Alam Siswa (Y). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 57 Jakarta Selatan untuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik sampel menggunakan random claster sampling. Sampel terdiri dari 64 siswa yang dibedakan berdasar konsep diri tinggi dan konsep diri rendah. Hasil uji coba instrumen Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa memiliki reliabilitas 0.602, hasil uji coba instrumen konsep diri memiliki reliabilitas 0.82. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua jalur. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan : (1) Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diajar dengan menggunakan metode mengajar Inkuiri lebih tinggi daripada Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diajar menggunakan metode mengajar Demonstrasi. (2) Terdapat interaksi antara metode mengahar dan Konsep Diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. (3) Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diajar menggunakan metode mengajar Inkuiri lebih tinggi daripada Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang diajar dengan menggunakan metode Demonstrasi untuk siswa yang memiliki Konsep Diri Tinggi. (4) Tidak terdapat perbedaan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa dengan konsep diri tinggi yang diajar dengan metode demonstrasi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi untuk siswa yang memiliki konsep diri rendah.