RORO WIDURI. Hubungan antara Kemampuan Guru Mengajar IPA dan Sikap Siswa terhadap Lingkungan Hidup dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri se- Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadyah PROF. DR. HAMKA, Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) kemampuan guru mengajar IPA dengan hasil belajar IPA (2) sikap siswa terhadap lingkungan
hidup dengan hasil belajar IPA (3) kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA dengan hasil belajar IPA (2) terdapat hubungan positif antara sikap siswa
terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalajh metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Negeri se Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan yang berjumlah 889. Jumlah sampel penelitian sebanyak 107 siswa dengan menggunakan teknik Multistate Random Samplingdan Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data untuk variabel kemampuan guru mengajar IPA (X1) dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup (X2) menggunakan kuisioner model skala Likert . Sedangkan untuk variabel hasil belajar IPA(Y) menggunakan tes hasil belajar. Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan X2 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach . Untuk variabel Y dihitung dengan rumus KR 20. Dari hasil pengujian didapatkan kesimpulan terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA denganhasil belajar IPA . Persamaan regresi Y (hasil belajar IPA)atasX1 (kemampuan guru
mengajar IPA) dari perhitungan yang telah dilakukan adalah: Ŷ= 27,68 +0,58X1 yang linier dan signifikan.Ini bisa dilihat dari koefisien korelasi r = 0.8538dan t hitung =19,80 lebih besar dari t tabel= 1.6450. Terdapat hubungan positif antara sikap terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA. Persamaan regresi Y ( hasil belajar IPA) atas X2 ( sikap siswa terhadap lingkungan hidup) dari perhitungan yang telah dilakukan adalah: Ŷ = - 10,64 + 1,0839X2 yang linier dan signifikan. hubungan antara sikap siswa terhadap lingkungan hidup dan hasi lbelajar IPA yang kuat dan signifikan dapat dilihat dar ibesarnya koefisien korelasi r = 0.94 dan t hitung = 32.55 lebih besar dari t tabel = 1.6450. Terdapat hubungan positif antara kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup secara bersama sama dengan hasil belajar IPA. Persamaaan regresi Y (hasil belajar IPA) atas X1 (kemampuan guru mengajar IPA) dan X2 ( sikap siswa terhadap lingkungan hidup) dari perhitungan yang telah dilakukan adalah Ŷ = - 4,76 + 0,11 X1 + 0,9X2yang linier dan signifikan.. Hubungan antara kemampuan guru mengajar IPA dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup dengan hasil belajar IPA juga kuat dan signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya koefisien korelasi r =0.952 dan F hitung= 505.62 lebih besar dari F tabel=3.0580. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA, dan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa kemampuan guru mengajar dan sikap siswa terhadap lingkungan hidup secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
|