Robiah, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Sekolah Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (X1) dan Percaya Diri siswa (X2) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai percaya diri tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar ilmu pengetahuan sosial ilmu pengetahuan sosial sebesar 0,906, dan percaya diri sebesar 0,923 untuk dimensi 1 dan dimensi 2 sebesar 0,905. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur.
Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Hasil belajar asuransi ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa yang diajar dengan menggunakan metode Student Centered Learning (STL) lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan Teaching Centered Learning. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan anava dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih dari harga Ftabel. (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan percaya diri terhadap hasil belajar IPS siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh harga Fhitung lebih dari Ftabel. (3) Pada siswa yang mempunyai percaya diri tinggi, hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STL lebih tinggi dari yang diajar dengan metode pembelajaran TCL. Dari hasil perhitungan diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel. Kemudian hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari t tabel (4) Pada siswa yang mempunyai percaya diri rendah, hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan TCL lebih tinggi dari pada yang diajar dengan menggunakan metode STL. Dari hasil perhitungan diperoleh harga F hitung lebih dari F tabel. Kemudian hasil uji lanjut dengan menggunakan uji t-Dunnet diperoleh harga t hitung lebih dari pada harga t tabel.
|