FAUZI RAHMAN. NIM 1208056006. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Biografi Rasulullah karya Mahdi Rizqullah Ahmad (Kajian Struktural Genetik dan Analisis Isi). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi mengenai Nilai-nilai Pendidikan Berkarakter dalam Biografi Rasulullah karya Mahdi Rizqullah Ahmad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi atau kajian isi. Kajian isi merupakan teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil yang dicapai dari penelitian ini yaitu mengenai unsur intrinsik ini dapat diketahui bahwa dalam buku tersebut, terdapat alur progresif atau alur maju (Perkenalan, awal konflik, konflik, klimaks, penyelesaian), latar tempat peristiwa di kota Mekah dan Madinah, tokoh (Rasulullah s.a.w. dan para sahabat serta kerabatnya), dan tentu saja pesan atau amanat yang menyiratkan seseorang perlu berakhlak mulia. Selanjutnya, mengenai kajian struktural genetik yang dibagai dalam tiga pembahasan yaitu homologi, kelas-kelas sosial, dan pandangan dunia, dapat diketahui bahwapada aspek homologi, karya ini merupakan sebuah karya yang bagus karena buku ini merupakan buku Best Seller. Selain itu, referensi yang digunakan dalam buku ini yaitu referensi yang valid. Selanjutnya, pada aspek kelas sosial, pengarang Biografi Rasulullah,Dr. Mahdi Rizqullah Ahmad, merupakan seorang dosen “Sejarah Nabi” di Fakultas Kebudayaan Islam, Universitas Raja Sa‟ud Riyadh, Saudi Arabia. Latar belakang beliau tentunya cukup representatif dan berkaitan dengan hasil karyanya bertemakan buku sejarah Nabi. Terakhir, aspek pandangan dunia, dapat ditarik simpulan bahwa dalam membuat buku sejarah tentang kehidupan Rasulullah s.a.w., sebagai sumber rujukan, pada umumnya diciptakannya biografi Nabi s.a.w antara lain merujuk pada Al Quran, Hadits Nabi, Buku-buku akhlak, Buku-buku tentang bukti-bukti kenabian (Mukjizat), Buku-buku sejarah peperangan dan Biografi Nabi s.a.w., Buku-buku sejarah kota Mekah dan Madinah (al Haramain), Buku-buku sejarah umum, Buku-buku sejarah lain, dan Buku-buku sastra. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, aspek paling dominan dalam Biografi Rasulullah adalah karakter Religius (dengan 40 Contoh), kemudian yang terbanyak kedua adalah karakter Peduli Sosial (dengan 34 contoh). Contoh-contoh karakter selanjutnya yang berhasil dirangkum adalah, Komunikatif (18 Contoh), demokratis (17 contoh), Tanggung Jawab (15 contoh), Cinta Damai (14 contoh), Toleransi (13 contoh), Menghargai Prestasi (13 contoh), Semangat Kebangsaan (11 contoh), Kreatif (9 contoh), Mandiri (9 contoh), Jujur (8 contoh), Kerja Keras (8 contoh), Cinta Tanah Air (8 contoh), Disiplin (4 contoh), Gemar Membaca (4 contoh), Peduli Lingkungan (4 contoh), dan Rasa Ingin Tahu (2 contoh).
|