Abstrak  Kembali
Daryanto, Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian; (1) Terdapat Pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X, (2) Terdapat Pengaruh langsung positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X, (3) Terdapat Pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Disiplin Belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dengan populasi terdiri dari 837 Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, yang tersebar di 3 Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, dipilih dengan Multistage Random Sampling, dengan jumlah 205 Siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk mengukur Konsep Diri, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (25,75 > 1,66). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui koefisien jalur (p31 = 0,582) pada α = 0,05, bahwa rh > rt (0,875 > 0,138) artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, dengan koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0,766. Hal ini berarti sebesar 76,6% variasi Prestasi Belajar Ekonomi (X3) dipengaruhi oleh Konsep Diri (X1). Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (21,845 > 1,66). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui koefisien jalur (p32 = 0,355) pada α = 0,05, bahwa rh > rt (0,838 > 0,138) artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, dengan koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0,702. Hal ini berarti sebesar 70,2% variasi Prestasi Belajar Ekonomi (X3) dipengaruhi oleh Disiplin Belajar (X2). Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Disiplin Belajar dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (21,819 > 1,66). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa rh > rt (0,837 > 0,138) artinya dapat dikatakan koefisien jalur (p21 = 0,837) pada α = 0,05, bahwa terdapat pengaruh positif Konsep Diri terhadap Disiplin Belajar, dengan koefisien determinasi sebesar r2 12 = 0,701. Hal ini berarti sebesar 70,1% variasi Disiplin Belajar (X2) dipengaruhi oleh Konsep Diri (X1). Berdasarkan temuan penelitian di atas, Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Konsep Diri dan Disiplin Belajar. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.