NURKAMILAH, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Siswa
Terhadap Hasil Belajar IPA Se Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Utara”. Tesis: Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Juli 2015.
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, menganalisis dan
mengungkapkan Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Minat belajar siswa terhadap Hasil Belajar IPA Madrasah Tsanawiyah Negeri di Jakarta Utara. Hipotesis yang diuji adalah : (1) PengaruhKompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar IPA, (2) Pengaruh Minat belajar siswa terhadap Hasil Belajar IPA (3) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Minat belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode survey deskriptif dengan populasi terjangkau109 responden, dan populasi penelitian respondennya 150 siswa, dan sampel penelitian 109 responden. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Profesional Guru (X1) terhadap Hasil Belajar IPA (X3) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ̂ 3= 15,687 + 0,011X1 dengan koefisien jalur p31 = 0,0414 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa
ada pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Profesional Guru (X1) terhadap Hasil Belajar IPA (X3) sebesar 2,30 %. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Minat belajar siswa (X2) terhadap Hasil Belajar IPA (X3) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ̂ 3= 14,946+ 0,017X2 dengan koefisien jalur p32= 0,0729 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa (X2) terhadap Hasil Belajar IPA (X3) sebesar 5,63%. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Profesional Guru (X1) terhadap Minat belajar siswa (X2) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi ̂2= 128.192 + 0.053X1 dengan koefisien jalur p21 = 0.050 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Profesional Guru (X1) terhadap Minat belajar siswa (X2) sebesar 2,50 %. Berdasarkan hasil temuan penelitian tesis ini, diharapkan dapat
memberikan kontribusi dalam upaya perbaikan Hasil Belajar IPA dengan
mempertimbangkan kesimpulan dan saran penelitian.
|