Abstrak  Kembali
Sri Sugiyanti, Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 184 Jakarta Timur. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta. Agustus 2015. Tesis ini bertujuan mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah menengah pertama yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kompetitif pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi atau yang memiliki kreativitas rendah, serta pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Matematika. Hipotesis penelitian adalah: (1) Hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kompetitif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Matematika, (3) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan metode strategi pembelajaran kompetitif, dan (4) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas rendah dan diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih rendah yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kompetitif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen yaitu cara untuk mencari hubungan sebab-akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan dengan mengeliminasi atau mengurangi faktor-faktor lain yang mengganggu. Skala kreativitas siswa menggunakan instrumen kreativitas yang telah disiapkan. Siswa dikelompokkan sesuai kreativitasnya masing-masing, yaitu siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas rendah. Membentuk kelas penelitian yang terdiri 1 (satu) kelas eksperimen terdiri siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, dan 1 (satu) kelas kontrol terdiri dari siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah dengan pembelajaran menggunakan Strategi pembelajaran kompetitif. Kesimpulan penelitian ini: (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kompetitif, (2) adanya pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar Matematika siswa, (3) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, dan (4) hasil belajar Matematika siswa yang lebih rendah bagi yang siswa memiliki kreativitas rendah dan diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan siswa yang lebih rendah bagi siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kompetitif Meningkatkan hasil belajar juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran matematika. Untuk itu, guru perlu memahami strategi pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran. Dengan mengetahui kreativitas siswa, guru dapat menyesuaikan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal.