Abstrak  Kembali
NURMALA, Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Spasial terhadap Hasil Belajar Geometri pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 5 Cilincing Kota Jakarta Utara. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. Januari 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar geometri pada siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran audiovisualisai CAI dan media pembelajaran dua dimensi, dikaitkan dengan kemampuan spasial siswa. Disamping itu juga diteliti adakah interaksi antara media pembelajaran terhadap hasil belajar geometri siswa. Metode yang dipakai adalah ekesperimen dengan disain factorial 2 x 2. Populasi target adalah seluruh siswa MAN 5 Cilincing sebanyak 388 siswa dengan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas X.1 dan X.3 Sebagai sampel penelitian sebanyak 74 Orang siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Hasil belajar geometri dimensi tiga siswa yang diajar menggunakan Media pembelajaran audiovisualisai CAI (Computer Assisted-Instruction) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran dua dimensi. (nilai Fhitung = 5.696 > Ftabel = 4.15). Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan spasial terhadap hasil belajar geometri dimensi tiga. (Fhitung = 57,114 > Ftabel = 4,15). Untuk kelompok siswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi, hasil belajar geometri dimensi tiga yang diajar menggunakan media pembelajaran audiovisualisai CAI (Computer Assisted-Instruction) lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran dua dimensi. (Qhitung1 = 9.94 > Qtabel = 4,04). Untuk kelompok siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah, hasil belajar geometri dimensi tiga siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran audiovisualisai CAI (Computer Assisted- Instruction) lebih rendah daripada menggunakan media pembelajaran dua dimensi. (Qhitung2 = 5.17 > Qtabel = 4,04).