Abstrak  Kembali
Sri Wahyuningsih. Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Siswa Madrasah Aliyah Dalam Mata Pelajaran Biologi di Provinsi DKI Jakarta. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengembangkan instrument yang valid dan reliabel tentang keterampilan proses sains siswa Madrasah Aliyah dalam mata pelajaran Biologi di Provinsi DKI Jakarta. Lima Madrasah Aliyah Negeri dipilih secara Purposive Sampling dari 22 Madrasah Aliyah Negeri dengan sampel siswa kelas XII. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini mengutamakan metode penelitian dan pengembangan (research and development / R&D). Metode ini digunakan untuk mengembangkan suatu produk dan menguji kefektifan produk keterampilan proses sains dalam mata pelajaran Biologi. Hasil pengembangan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) dari 48 butir yang mewakili tiap dimensi dan indikatornya hanya 46 butir yang valid setelah dinilai oleh guru-guru Biologi MA di DKI Jakarta sebanyak 20 panelis. Penilaian berdasarkan nilai CVR hitung dengan CVR tabel minimum, yang diperoleh nilai CVR tertinggi 1,00 dan terendah 0,30. (2) dari 46 butir setelah diuji terdapat 41 butir yang valid setelah dianalisis dengan program ITEMAN, butir-butir yang valid mempunyai nilai koefisien biserial > 0,20. Hasil perhitungan reliabilitas menggunakan KR.20 diperoleh koefisien sebesar 0,867 yang berarti reliabilitas instrument keterampilan proses sains sangat baik. (3) dari 41 butir yang valid diuji kesesuaian antara model instrument dengan data di lapangan menggunakan 2nd CFA dengan paket program LISREL 8.8 diperoleh nilai minimum Fit Function Chi-Square = 744,06 (P = 0,0) yang berarti terdapat selisih antara matrik kovarian sampel dengan matrik kovarian model sebesar 744,06 dengan probabilitas 0,0 menunjukkan bahwa instrument yang dikembangkan baru mendekati fit.