Abstrak  Kembali
YAYAN MURZAKI. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tangerang. Tesis, Jakarta : Program Pascasarjana Magister Penelitian dan Evaluasi Pedidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini sebagai kegiatan antara, yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Konsep Diri siswa terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 18 Tangerang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang diberi metode pembelajaran berbeda dan memiliki konsep diri berbeda pula. Hipotesis penelitian yang diuji adalah (1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih unggul dari pada siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara faktor metode pembelajaran dan faktor konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Hasil belajar matematika antara siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih unggul dari pada siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai konsep diri positif terhadap mata pelajaran matematika . (4) Hasil belajar matematika antara siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih rendah dari pada siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai konsep diri negatif dalam belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling) yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tangerang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa. Variable terikat yang digunakan adalah hasil belajar matematika siswa sedangkan variabel bebas terdiri dari variable perlakuan yaitu metode pembelajaran (metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode konvensional) dan variable atribut yaitu konsep diri siswa terhadap mata pelajaran matematika yang dibedakan menjadi konsep diri positif dan konsep diri negatif. Hasil uji coba instrument penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas instrument hasil belajar mempunyai rhitung = 0,835 dan konsep diri siswa mempunyai rhitung = 0,926. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi ⍺ = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional (Fhitung = 15,595 > Ftabel = 4,062 dan Qhitung = 5,587 > Qtabel = 3,009). Penelitian ini juga menyimpulkan ada interaksi antara faktor metode pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika (Fhitung = 4,51 > Ftabel = 4,062). Disimpulkan juga bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional untuk siswa yang mempunyai konsep diri positif terhadap mata pelajaran matematika (Fhitung = 26,808 > Ftabel = 4,062 dan Qhitung = 1,825 < Qtabel = 3,490 ). Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diberi metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang diberi metode pembelajaran kovensional untuk siswa yang mempunyai konsep diri negatif terhadap mata pelajaran matematika (Fhitung = 26,808 > Ftabel = 4,062 dan Qhitung sebesar 6,073 > Qtabel sebesar 3,490). Hasil penelitian ini sebagai ilmu pengetahuan bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan memperhatikan konsep diri siswa, didukung oleh siswa yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika serta kepala sekolah yang mendukung peningkatan hasil belajar matematika.