Abstrak  Kembali
MUHAMMAD HARLY: Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar siswa Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Siswa SMK Negeri Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Program Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof.DR. Hamka, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa adanya pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pemrograman web siswa SMK Negeri Jakarta Utara tahun ajaran 2015/2016 dengan populasi target adalah siswa jurusan teknik informatika di SMK Negeri Jakarta Utara. Populasi terjangkau adalah siswa kelas X jurusan teknik informatika di SMK Negeri Jakarta Utara. Sampel adalah pada SMK Negeri 36 Jakarta Utara melibatkan 64 siswa kelas X (sepuluh) sebagai sampel. Model penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar pemrograman web dan angket motivasi belajar siswa dengan koefisien reliabilitas masing-masing 0,868 dan 0,918 data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik ANAVA dua arah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar pemrograman web siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding metode pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pemrograman web, (3) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan perlakuan metode konvensional, dengan perbedaan rata-rata yang signifikan, (4) Hasil belajar pemrograman web siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode pembelajaran Website Khan Academy tidak berbeda dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode konvensional, karena perbedaan rata-rata yang tidak terlalu signifikan. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman web siswa.