Abstrak  Kembali
Huriah, Evaluasi Program Kurikulum Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Albiruni Jakarta Selatan. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembiasaan beribadah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Albiruni. Metode yang digunakan adalah metode evaluative kuantitatif, sedangkan evaluasi dilakukan dalam proses belajar mengajar. Wawancara dilakukan kepada ketua yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kepada guru agama. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Konteks : berdasarkan hasil studi dokumen, wawancara dan kuesioner atau angket bahwa SDIT Albiruni memiliki dokumen yang cukup lengkap, baik dokumen yang berupa kebijakan pemerintah tentang pendidikan, dokumen ijin operasional sekolah, serta dokumen administrasi lainnya yang diperlukan oleh suatu lembaga pendidikan, 2. Input : evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembiasaan beribadah sudah baik, karena semua komponen telah tersedia baik yang berupa dukungan orangtua, sarana prasarana, pembiayaan maupun peran aktif siswa dan guru dalam kegiatan tersebut, 3. Proses : program pembiasaan beribadah ini mencakup empat kategori yakni kegiatan rutinas, kegiatan spontanitas, kegiatan terprogram dan kegiatan keteladan, 4. Produk : memiliki komponen mulai dari kepeminpinan kepala sekolah, administrasi penilaian, sistem rekruitmen siswa sesuai aturan serta sarana dan prasarana yang lengkap.