Abstrak  Kembali
Tommy Eka Miharja, Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Melalui Pendekatan Stake’s Countenance di SMK Farmasi Sari Farma Depok. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober 2015. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Farmasi Sari Farma Depok yang pada prinsipnya menuju pada perbaikan dan penyempurnaan program. Metode yang digunakan pada penelitian evaluatif ini adalah metode studi kasus (case study) yang bertujuan untuk menghasilkan deskripsi detail dari suatu fenomena, mengembangkan penjelasan-penjelasan yang dapat diberikan dari studi kasus dan mengevaluasi fenomena – fenomena. Model evaluasi program yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stake’s Countenance Model. Keseluruhan hasil penelitian evaluasi program ini menemukan optimalisasi pelaksanaan program pendidikan sitem ganda (PSG) di SMK Farmasi Sari Farma Depok berdasarkan kriteria atau standar objektif yang ditetapkan dalam penelitian ini. Secara umum program PSG ini mencakup 17 Aspek dan 49 sub aspek yang dilakukan pengamatan dan penilaian. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terdapat 13 aspek dan 41 sub aspek dengan kategori tinggi dan memenuhi kriteria atau standar objektif pada tahapan masukan (antecedents), proses (transactions) dan hasil (outcomes), dan terdapat 4 aspek dan 8 sub aspek yang tidak memenuhi kriteria atau standar objektif. Banyaknya aspek yang mencapai kategori tinggi pada setiap tahapan evaluasi, menunjukkan bahwa program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK Farmasi Sari Farma berhasil, walaupun masih terdapat beberapa aspek dan sub aspek yang perlu perbaikan. Artinya, keberhasilan tersebut dapat dijadikan acuan, sedangkan aspek dan sub aspek yang belum berhasil dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk optimalisasi pelaksanaan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selanjutnya khususnya di SMK Farmasi Sari Farma.