Abstrak  Kembali
Muslim Iqbal Romadhoni, Pengaruh Metode Mengajar dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Kuasi Eksperimen di SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama Kota Bekasi. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah PascasarjanaUniversitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh metode mengajar dan minat belajar bahasa Arab siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Hipotesis yang diuji adalah: 1) Hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan metode Functional Notional lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode Audiolingual, 2) terdapat pengaruh interaksi antara minat belajar siswa dengan metode mengajar terhadap hasil belajar bahasa Arab, 3) Pada siswa yang memiliki minat tinggi, hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan metode Functional Notional lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode Audiolingual, 4) Pada siswa yang memiliki minat rendah, hasil belajar bahasa Arab siswa yang diajar dengan metode Functional Notional lebih rendah dari pada siswa yang diajar dengan metode Audiolingual. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancang dua faktor treatment by level design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan jumlah total sampel 48 orang siswa yang berada dalam dua kelas ekperimen dan dibedakan atas siswa yang memiliki minat tinggi dan siswa yang memiliki minat rendah. Hasil Uji coba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar bahasa Arab mempunyai r11= 0.952, dan minat belajar bahasa siswa mempunyai r11= 0.883. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan menggunakan ANOVA dua jalan (Two Way Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa yang diajar dengan metode Functional Notional dengan siswa yang diajar dengan metode Audiolingual dengan harga Fo(A) = 6.530 dengan p-value = 0.014 < 0.05. Terdapat pengaruh interaksi metode mengajar dan minat siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab dengan harga Fo(AB) = 54.048 dengan p-value = 0.000 < 0.05. Tampak dari hasil analisis bahwa besar pengaruh variabel metode mengajar, minat siswa, interaksi metode mengajar dan minat siswa terhadap hasil belajar bahasa Arab sebesar 58.20%. Hasil Belajar bahasa Arab kelompok siswa yang diajar dengan metode Functional Notional lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan metode Audiolingual untuk siswa yang memiliki minat tinggi dengan harga |t0 (A1B1-A2B1)| = 7.005, p-value = 0.000 < 0.05. Hasil belajar bahasa arab kelompok siswa yang diajar dengan metode Functional Notional lebih rendah dari pada kelompok siswa yang diajar dengan metode Audiolingual untuk siswa yang memiliki minat rendah dengan harga |t0 (A1B2-A2B2)| = |-3.392|, p-value = 0.001 < 0.05. Temuan dalam penelitian ini memberikan implikasi bahwa keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di sekolah sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam memilih metode mengajar yang tepat sesuai kebutuhan, materi ajar, keadaan siswa dan kondisi yang ada. Guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa haruslah berusaha menyesesuaikan antara minat siswa dengan metode mengajar yang digunakan. Bagi siswa yang memiliki minat tinggi tentunya sangat tepat jika guru bahasa Arab menggunakan metode Functional Notional dan bagi siswa dengan minat rendah sangatlah tepat jika guru bahasa Arab menggunakan metode Audiolingual.