Abstrak  Kembali
Shaleh, Evaluasi Relevansi Kurikulum MAN Insan Cendekia Serpong Terhadap Kebutuhan Nasional Dan Kecenderungan Masyarakat Global. Tesis. Program Studi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Relevansi Kurikulum MAN Insan Cendekia Serpong Terhadap Kebutuhan Nasional Dan Kecenderungan Masyarakat Global. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada para pimpinan MAN IC Serpong yang terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Asrama, Guru, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, dan para peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang mengacu pada model evaluasi CIPP dengan fokus evaluasi contex, input, process, dan product. Hasil penelitian evaluasi dari aspek contex kurikulum 2013 MAN IC Serpong menunjukkan bahwa visi dan misi lembaga telah relevan dengan kebutuhan Nasional dan telah mengakomodir Kecenderungan Global. Pada landasan pengembangan kurikulum belum relevan dengan dokumen RPJP 2005-2015 dan RPJM 2014-2019, sehingga terjadi kelemahan teoritis pada dokumen Panduan Pembelajaran di MAN IC Serpong tahun 2014-2015 yang perlu disempurnakan. Pada aspek input, isi kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan Nasional dan kecenderungan global, akan tetapi pada beban Kurikulum 2013 MAN IC memberatkan peserta didik dan menjadi faktor penghambat pencapaian prestasi. Proses seleksi calon peserta didik juga telah relevan dengan kebutuhan Nasional dan kecenderungan global. Aspek process, menunjukkan bahwa proses pembelajaran menyenangkan dan proses pengawasan pembelajaran berjalan efektif, sehingga relevan dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan Nasional dan mengantisipasi kecenderungan global. Ada 37,14 persen peserta didik yang merasa bahwa proses pembelajaran di MAN IC Serpong tidak/kurang menyenangkan sehingga perlu menjadi perhatian pihak Manajemen. Pada evaluasi product, hasil belajar akademik dan non akademik peserta didik di MAN IC Serpong dengan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori baik dengan prestasi yang relevan dengan kebutuhan Nasional dan kecenderungan global. Akan tetapi angka partisipasi peserta didik di kancah Nasional maupun Internasional masih sangat kecil.