Abstrak  Kembali
Tawaningsih, Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa Kelas IX di SMP Negeri Sekecamatan Sukmajaya Kota Depok. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa Kelas IX di SMP Negeri Sekecamatan Sukmajaya Kota Depok. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausal dengan populasi terdiri dari 750 siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, dengan sampel 238 siswa dari 25 Kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung positif Bimbingan Konseling terhadap Pilihan Peminatan Siswa Kelas IX dapat diterima, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 2,33 > 1,645, dan hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p31 = 0,635 atau 0,635 > 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Belajar terhadap Pilihan Peminatan Siswa Kelas IX dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 5,978 > 1,645, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p32 = 0,642. Ketiga, terdapat pengaruh positif Bimbingan Konseling terhadap Motivasi Belajar dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 6,64 > 1,645, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p21 = 0,480 atau 0,480 > 0,05. Berdasarkan temuan penelitian di atas, Pilihan Peminatan Siswa Kelas IX dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Bimbingan Konseling dan Motivasi Belajar. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.