Abstrak  Kembali
SUPARNYO, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 67 Jakarta; Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. DR. HAMKA.2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Perbedaan metode pembelajaran Problem solving dan metode pembelajaran langsung dengan hasil belajar IPA. (2). Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPA. (3). Perbedaan hasil belajar IPA antara metode pembelajaran Problem solving dengan metode pembelajaran langsung pada kelompok konsep diri tinggi. (4). Perbedaan hasil belajar IPA antara metode pembelajaran Problem solving dengan metode pembelajaran langsung pada kelompok konsep diri rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain factorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 67 lakarta tahun pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random cluster sompling. Dari 6 kelas diambil secara acak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lain sebagai kelas Kontrol. Sampel terdiri dari 72 siswa yang dibedakan berdasarkan konsep diri tinggi dan konsep diri rendah. Uji instrumen yang digunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Uji normalitas menggunakan Lilliefors, uji homogenitas dengan Bartlett, dan uji keseimbangan menggunakan uji-F. Uji hipotesis dengan Anava dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan: (1). Metode Pembelajaran Problem Solving memberikan hasil belajar lebih tinggi daripada metode Pembelajaran Langsung. (2). Terdapat pengaruh interaksi antara yang diberi metode pembelajaran dan tingkat konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPA siswa. (3). Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Problem Soving lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Pembelajaran Langsung untuk siswa dengan konsep diri tinggi. (4). Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Problem Soving lebih rendah dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Pembelajaran Langsung untuk siswa dengan konsep diri rendah, sehingga perlu mengelompokkan atas dasar konsep diri siswa .