Eko Yudiawan Hermanto, Pengaruh Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kelas XI Di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Tesis. Program Pascasarjana Universitas
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2010.
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada atau tidaknya pengaruh
konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Enam SMAN dipilih secara random dari dua puluh tiga SMAN di Kabupaten Lebak dengan memfokuskan pada kelas XI.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diolah dan dianalisis
dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Tes matematika dipergunakan untuk melihat hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA. Disamping itu kepada siswa diberikan juga quesioner konsep diri dan motivasi berprestasi untuk mengetahui skor konsep diri dan motivasi berprestasi dari masing-masing siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) 21= 0,7085. (2) ρ31 =
0,3135. (3) ρ32 = 0,176. Karena ρ21, ρ31, ρ32 semuanya lebih besar daripada 0,05, maka ketiga keofisien jalur signifikan. Implikasi penelitian ini adalah: (1) Seorang Guru harus memberikan bimbingan yang mengarahkan kepada pengembangan konsep diri siswa. Dengan demikian dapat diharapkan siswa dapat meningkatkan kualitas dirinya secara mandiri. (2) Guru secara
sadar memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengambangkan konsep dirinya melalui suasana dan kondisi belajar yang kondusif. (3) Guru harus dapat memberikan motivasi eksternal kepada siswa, sehingga para siswa memiliki motivasi untuk berprestasi di sekolah. (4) Seorang guru perlu berkomunikasi dengan orang tua siswa, untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada orang tua siswa tentang pentingnya membangun konsep diri yang baik pada setiap peserta didik dan bagaimana guru dan orang tua menumbuhkan motivasi kepada siswa sehingga mereka mempunyai
semangat dalam belajar dan semangat dalam menyelesaik
|