Abstrak  Kembali
Romzatun Budi Utami. Studi tentang Pelaksanaan Penilaian dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Agustus 2015. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui penilaian Pembelajaran pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hal ini mengkaji tentang penilaian dan pembelajaran dalam mata pelajaran geografi. Pada Kompetensi dasar menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran tidak sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tahun Ajaran 20014/2015. Peran serta dan minat siswa dalam pembelajaran relatif kecil. Pengetahuan yang didapatkan siswa adalah pada tataran konsep, belum memperlihatkan pembelajaran kontekstual. Penilaian otentik yang dilakukan oleh guru belum dilaksanakan dengan optimal. Penilaian pengetauan yang diberikan level C1 dan C2 pada Taksonomi Bloom. Penilaian sikap dan psykomotor belum dilaksanakan sebagaimana mestinya. Dukungan manajerial sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran.