Abstrak  Kembali
Sofiyah. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Al Fajar Jakarta. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2015. Penelitian ini sebagai alat bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode pembelajaran dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII (delapan) SMP Al Fajar Jakarta, semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan instrument tes dan minat belajar menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran Kontekstual dengan Ekspositori terhadap hasil belajar Matematika (; (2) Terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika ( pada α = 0,01; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Matematika peserta didikyang memiliki minat belajar tinggi yang diajar dengan metode pembelajaran Kontekstual dibandingkan dengan hasil belajar Matematika peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang diajar dengan metode pembelajaran Ekspositori. Hasil perhitungan uji t-Dunnet diperoleh = 2,984 lebih tinggi dari pada pada taraf signifikansi α = 0,01; (4) Terdapat perbedaan hasil belajar Matematika peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang diajar dengan metode pembelajaran Kontekstual lebih rendah dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori. Dari hasil perhitungan t-Dunnet diperoleh lebih kecil dari pada taraf signifikansi α = 0,01. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Kontekstual berdasarkan minat belajar memberikan pengaruh yang besar dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori.