Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Pengaru Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IX sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Jakarta Barat. Metode penelitian adalah survei kausal menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat sebanyak 1449 responden dan sampel sebanyak 105 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik multiple stage sampling.
Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) terdapat pengaruh langsung positif minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa (3) terdapat pengaruh langsung positif persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan minat belajar menggunakan kuisioner model skala Likert. keteradalannya dihitung dengan rumur Alpha-Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kompetensi pedagogik guru dan minat belajar siswa adalah r11 = 0,871 dan r11 = 0,900. Sedangkan instrumen untuk variabel hasil belajar disusun dalam bentuk tes pilihan ganda. Keterandalannya dihitung dengan rumus KR-20. Hasil uji coba untuk varianel hasil belajar adalah r11 = 0,950. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan Path Analisis (Analisis Jalur).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X1) terhadap hasil belajar IPA siswa (X3) dengan persamaan regresi X3 = -188,655 + 1,352X, koefisien korelasi r13 = 0,974 dan koefisien jalur X1 terhadap X3 p31 = 0,559 pada taraf signifikansi Alpha = 0,05 (2) terdapat pengaruh langsung positif minat beljar siswa (x2) terhadap hasil belajar IPA siswa (X3) dengan persamaan regresi X3 = 131,505 + 1,005X2, koefisien korelasi r23 = 0,972 dan koefisien jalur X2 terhadap X3 p32 = 0,424 pada taraf signifikansi Alpha = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung positif persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (x1) terhadap minat belajar siswa (x2) dengan persamaan regresi X2 = -53,279 + 1,322X2, koefisien korelasi r23 = 0,985 dan koefisien jalur X1 terhadap X2 p21 = 0,985 pada taraf signifikansi Alpha = 0,05
|